BeritaKegiatan Polri

Kapolres Lumajang Hadiri Grebeg Suro Yang Pertama di Desa Sumbermujur

Lumajang – Kabar Reskrim Polri//Bagi masyarakat Jawa Grebeg Suro tidaklah asing terdengar ditelinga, ini merupakan suatu acara tradisi budaya yang dilaksanakan setiap memasuki tanggal 1 Muharram (1 Suro pada penanggalan Jawa).

Kali ini grebeg suro dilaksanakan di Hutan Bambu, Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Rabu (19/7/2023).

Acara yang mengambil tema “Bahwa Air Adalah Sumber Kehidupan,” dihadiri Kapolres Lumajang AKBP Boy Jeckson Situmorang, S.H, S.I.K, M.H, Dandim 0821 Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra Y. T., S.T., M.M., Kepala Desa Sumbermujur dan Forkompinda.

Sejumlah warga membawa gunungan hasil bumi, kemudian tarian budaya khas Desa Sumbermujur hingga ritual adat mengubur kepala sapi di dekat sumber mata air hutan Bambu Semeru.

Kapolres Lumajang AKBP Boy Jeckson Situmorang menyampaikan, bahwa Hari ini Desa Sumbermujur melaksanakan grebeg suro dalam rangka 1 Muharam 1445 hijrah Tahun 2023.

“Acara mengambil tema paguyuban air adalah sumber kehidupan. Mudah mudahan Sumber mata air yang ada di sekitar ini dapat memberikan kehidupan bagi masyarakat desa Sumbermujur,” ucapnya.

Tradisi budaya tetap untuk dilestarikan budaya yang ada sebagai warisan budaya sangat bagus di tanah air Indonesia.

“Saya bersama Dandim akan selalu ada bersama-sama dengan masyarakat untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban dan meningkatkan perekonomian tentunya di desa Sumbermujur,” ungkap Boy.

Kapolres mengucapkan selamat kepada Desa Sumbermujur atas prestasi desanya terpilih juara 1 tingkat Nasional

“Ini bukan main-main ini juara satu, bukan tingkat kabupaten dan provinsi tetapi tingkat Nasional. Dimana desa Sumbermujur ini mengalahkan ribuan desa yang ada di tanah air Indonesia,” jelasnya.

Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kepala desa Sumbermujur mendapatkan penghargaan dari Kapolri di Jakarta.

“Ini merupakan peran serta semua warga masyarakat untuk menciptakan kerukunan, keguyuban di desa Sumbermujur ini,” terangnya.

Kepala Desa Sumbermujur, Yayuk Sri Rahayu, mengatakan, Desa Sumbermujur mengadakan grebeg suro untuk memperingati 1 Muharam 1445 h adalah yang pertama.

“Kami mengambil tema yaitu Tirto Mangun Kahuripan bahwa air adalah sumber kehidupan,” ujarnya.

Bahwasannya air yang ada di hutan bambu ini menjadi sumber kehidupan bagi seluruh warga Sumbermujur

“Bahwa grebeg Suro ini memohon kepada Allah SWT bahwa di desa sumber mujur mudah-mudahan menjadi desa yang aman, tentram, tertib dan bahagia,” terangnya. ( Fz-tm ).

Download Berita

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button