BeritaUmum

Bhabinkamtibmas Polsek Bukit Batu dan MPA Marang Lakukan Patroli Pencegahan Karhutla

Kalteng – Kabar Reskrim Polri//Polresta Palangka Raya Polsek Bukit Batu jajaran Polresta Palangka Raya, Polda Kalteng saat ini sedang berjuang untuk melakukan upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada wilayah hukumnya.

Upaya tersebut kali ini dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Bukit Batu, Aiptu Abdul Azis bersama MPA Kelurahan Marang dengan melakukan patroli gabungan untuk mencegah terjadinya karhutla, Rabu (14/6/2023) mulai pukul 08.00 WIB.

Terkait pelaksanaannya, Aiptu Abdul Azis menjelaskan bahwa ia dan MPA Marang akan menyusuri kawasan hutan dan lahan di kawasan Jalan Tjilik Riwut Km. 21 hingga 25, Kelurahan Marang, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

“Tujuan patroli yang kita lakukan ini yakni guna memantau dan mengecek kondisi hutan maupun lahan di wilayah Kelurahan Marang demi mencegah karhutla, serta melakukan tindakan apabila menemukan potensi terjadinya” terang Aiptu Abdul Azis.

Selama melakukan patroli tersebut, Azis bersama MPA Marang menemukan sebidang lahan yang berpotensi terjadinya karhutla, sehingga mereka pun melakukan penandaan, pemetaan dan mencari sumber air terdekat.

“Hasil yang kita temukan yakni sebuah lahan seluas 75 x 150 meter yang berstruktur tanah mineral, dengan kondisi permukaan yang dipenuhi dedaunan dan serasah yang sudah mengering yang tentunya sangat mudah terbakar, sehingga dikategorikan bahaya karhutla,” jelasnya.

“Oleh karena itu, kita pun akan menandai lahan ini dengan titik koordinat dan dan memasukkannya ke dalam pemetaan, serta mencari lokasi sumber air terdekat yang dapat digunakan untuk melakukan pemadaman apabila nantinya terjadi karhutla,” tuturnya.

Setelah melakukan upaya tersebut, Bhabinkamtibmas Polsek Bukit Batu dan MPA Kelurahan Marang kembali bergerak menyusuri lahan lainnya sembari juga menyampaikan imbauan larangan karhutla kepada masyarakat yang dijumpai selama berpatroli.

Download Berita

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button