BeritaKegiatan Polri

Polresta Banyuwangi Gelar Pasukan Gabungan Operasi Keselamatan Semeru 2023

BANYUWANGI – Kabar Reskrim Polri | Dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcarlantas, Polresta Banyuwangi menggelar apel pasukan Operasi Keselamatan Semeru 2023 di halaman Polresta Banyuwangi, Selasa (7/2/2023).

Apel gelar Operasi Keselamatan itu dipimpin langsung Wakapolresta Banyuwangi, AKBP Dewa Putu Eka Darmawan. Dalam apel tersebut, Wakapolresta Banyuwangi menyampaikan amanat dan arahan diantaranya Operasi Keselamatan Semeru 2023 dilaksanakan selama 14 hari mulai tanggal 7 Februari 2023 hingga 20 Februari 2023.

Dalam operasi keselamatan itu, bertujuan mewujudkan kamseltibcarlantas dengan meningkatkan disiplin serta tertib lalu lintas.

“Operasi tersebut mengedepankan fungsi lalu lintas dengan penekanan peran aktif masing-masing personel satuan tugas (satgas) untuk menindak pelanggaran khususnya yang berpotensi penyebab kecelakaan,” terangnya AKBP Dewa.

Menurut Wakapolresta, diperlukan penambahan target operasi sesuai karakteristik wilayah, salah satunya yakni kendaraan muatan berlebihan (overloading). ”Ini demi mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas),” katanya.

Selain menargetkan turunnya angka kecelakaan, jelas Wakapolresta, pihaknya juga mengimbau kepada anggota yang terlibat untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Dia meminta petugas menjalankan operasi ini dengan mengedepankan sikap humanis serta sesuai dengan standard operating procedure (SOP).

”Walaupun melakukan penindakan terhadap pelanggar tetap dilakukan secara humanis,” terangnya.

Wakapolresta meminta anggota yang terlibat dapat bertugas sesuai target operasi dan tidak berjalan sendiri-sendiri serta tepat sasaran.

”Terkait konsep operasi, bersifat terbuka dalam bentuk harkamseltibcarlantas, dengan mengutamakan penindakan selektif prioritas,” terangnya.

Nantinya, Wakapolresta menyebut, ada delapan pelanggaran prioritas yang menjadi perhatian serius petugas kepolisian selama operasi berlangsung. Di antaranya pengendara roda dua tidak menggunakan helm, pengemudi roda empat yang tidak menggunakan sabuk keselamatan (safety belt), pengemudi melebihi batas kecepatan, pengendara melawan arus, berkendara dalam kondisi mabuk, pengendara anak di bawah umur, menggunakan ponsel saat berkendara, serta kendaraan over Dimension dan Over Loading (ODOL).

”Terhadap seluruh anggota yang terlibat harap memperhatikan terkait delapan pelanggaran prioritas yang dilakukan tindakan baik tilang maupun teguran,” pungkasnya.

Download Berita

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button