BeritaKegiatan Polri

Kapolres Lumajang Mengerahkan Upaya Terbaik Mengamankan Keberangkatan Jemaah Asal Lumajang ke Harla 1 Abad N U

Lumajang – Kabar Reskrim Polri | Kapolres Lumajang AKBP Boy Jeckson S., S.H., S.I.K., M.H. memastikan jajaran Polres Lumajang akan mengerahkan upaya terbaik mengamankan keberangkatan jemaah asal Kab. Lumajang ke acara Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Stadion Delta Sidoarjo pada 7 Februari 2023. AKBP Boy Jeckson menyebut pihaknya menargetkan keberangkatan dan kepulangan jemaah berlangsung tanpa kendala.

Hal itu disampaikan AKBP Boy Jeckson S., S.H., S.I.K., M.H. dalam rapat koordinasi jelang Harlah 1 Abad NU di kantor Kementerian Agama Lumajang, Rabu (1/2/2023).

“Polres Lumajang akan mengerahkan sumber daya dan upaya terbaik untuk mengamankan jemaah yang akan berangkat. Targetnya adalah _zero accident_, dalam artian tidak asa kendala besar dalam perjalanan berangkat maupun kembalinya nanti,” ucap AKBP Boy Jeckson.

“Kami berharap nanti tidak ada yang berangkat sendirian karena kemungkinan besar tidak akan bisa masuk. Mungkin bisa diatur titik kumpulnya di mana sehingga bisa diatur teknis pemberangkatan. Kami sudah siapkan tenaga kesehatan dan akan menempatkan petugas di tiap bus demi menciptakan rasa aman bagi jamaah,” ucapnya.

Sebagaimana data yang diterima AKBP Boy Jeckson, setidaknya tercatat 4.200-an warga NU asal Lumajang yang akan berangkat ke Stadion Delta Sidoarjo. Mantan Kapolres Nganjuk ini juga menyampaikan bahwa jadwal kedatangan jemaah asal Lumajang sudah ditentukan.

“Untuk Lumajang, kita diberikan alokasi kedatangan pada 6 Februari pukul 18.00-19.30 WIB agar tidak terjadi sumbatan di Sidoarjo. Juga sudah diatur jalur yang dilalui, zona penurunan jamaah, hingga parkir,” ucapnya.

“Itu pula mengapa saya meminta tidak ada warga Lumajang yang berangkat sendirian karena kemungkinan besar tidak akan bisa masuk ke lokasi bila tidak sesuai dengan zona waktu maupun tempat,” ucap AKBP Boy Jeckson.

Dalam rapat tersebut, AKBP Boy Jeckson menyampaikan delapan penekanan khusus terkait rencana keberangkatan.

“Datakan ketua rombongan untuk memudahkan jalur komunikasi. Begitu pun data kendaraan dan serta pengemudi. Kita juga mesti memastikan betul pada pukul berapa semua bus ini siap di titik kumpul sebelum jadwal keberangkatan,” katanya.

“Sebelum perjalanan, lakukan pemeriksaan kesehatan pada pengemudi dan berikan pengarahan terkait keselamatan berkendara. Selain itu, mulai darinsekarang disiapkan buku panduan perjalanan, bangun jalur komunikasi antara panitia dengan petugas keamanan, serta siapkan alat komunikasi untuk membantu selama perjalanan,” ucap AKBP Boy Jeckson.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang Muhammad Muslim menyebut antusiasme warga NU, termasuk dari Kota Pisang, menghadiri acara ini bisa dimaklumi.

“Dari Jawa Tengah sekitar dua ribu bus akan masuk ke Jawa Timur, belum lagi yang dari Jawa Barat dan luar pulau Jawa. Sementara dari Jawa Timur saja terdaftar 2 juta orang akan masuk ke Sidoarjo. Khusus dari Lumajang akan berangkat sekitar 1.153 orang,” ucapnya.

“Harlah ini adalah peristiwa bersejarah karena tentu kita tidak akan hidup 100 tahun lagi untuk menyaksikan harlah 2 abad NU nantinya. Hanya, ini bukan semata soal NU dan perayaan 1 abad, tetapi juga mengenai negara mengingat NU adalah benteng tebal yang menjaga NKRI. Banyaknya jemaah yang akan berangkat ke Sidoarjo sekaligus memperlihatkan bahwa sebanyak itulah orang yang siap menjaga NKRI,” ucap Muslim.

Download Berita

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button